Pengadilan Agama, Tak Hanya Urus Perceraian

KENDAL – Sebagian besar masyarakat beranggapan, setiap yang berhubungan dengan Pengadilan Agama (PA) selalu identik dengan urusan perceraian. Stigma ini berlaku hampir di semua daerah di Indonesia. Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang, Drs. H. Widan Suyuthi M, SH, MH mengatakan, stigma negatif ini harusnya dihilangkan, lantaran Pengadilan Agama tidak hanya mengurusi tentang perceraian saja.

“Pengadilan Agama bertugas menyelesaikan perkara tingkat pertama di antaranya dalam hal perceraian, warisan, wakaf, infaq, sodaqoh dan perbankan syariah,” ungkap Widan Suyuthi, saat memberikan sambutan pada peresmian gedung baru Pengadilan Agama Kendal di Jalan Sukarno-Hatta.

Menurutnya, sudah sejak lama terjadi missunderstood perception tentang Pengadilan Agama. Bahkan persepsi keliru tersebut juga telah mengendap di kalangan birokrasi.

“Persepsi PA sebagai tempat untuk melegalkan perceraian di kalangan umat Islam harus diluruskan,” tandasnya.

Widan Suyuthi, menambahkan, ini menjadi tugas jajaran Pengadilan Agama untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait fungsi, tugas dan kewajiban PA. Agar masyarakat memahami fungsi dan peran PA. Sehingga keberadaan Pengadilan Agama dapat memberikan peran yang tepat kepada masyarakat.

Dengan dibangunnya gedung baru, dia berharap, agar pelayanan kepada para pencari keadilan semakin baik dengan menerapkan prinsip birokrasi yang efisien, efektif, melayani dan transparan.

Hal senada disampaikan Wakil Bupati Kendal, H. Mukh Mustamsikin, S.Ag, M.Si, dia berharap agar PA Kendal dengan kantor baru yang besar dan megah serta dengan halaman yang sangat luas, mampu memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat yang membutuhkan.

Gedung baru PA Kabupaten kendal ini memiliki luas 1000 meter persegi, dengan luas tanah 7.902 meter persegi. Gedung ini dibangun dalam dua tahap dan menghabiskan anggaran DIPA sebesar Rp. 1.194.475.000,- pada tahap pertama. Dan pada tahap kedua menghabiskan anggaran Rp. 1.306.409.000,-.

Sementara, gedung PA lama, yang terletak di Jalan laut, Kecamatan Kendal Kota akan digunakan sebagai gedung arsip Pengadilan Tinggi Agama Semarang.(R2)

This entry was posted in News and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s